• MTSN 2 MADIUN KAB. MADIUN
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

PROFIL MTsN 2 MADIUN


  

KEMENTERIAN AGAMA RI

 KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MADIUN

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MADIUN

Jalan Raya Rejosari Kebonsari Telp. 0351- 367904 - Madiun 63173

email : mtsn2madiun@kemenag.go.id

 

PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MADIUN

 

  1. IDENTITAS MADRASAH

1

Nama Madrasah

:

MTsN 2 Madiun

2

Alamat

:

Jl. Raya Rejosari – Kebonsari Kab. Madiun

3

Desa

:

Rejosari

4

Kecamatan

:

Kebonsari

5

Kabupaten

:

Madiun

6

Propinsi

:

Jawa Timur

7

Kode Pos

:

63173

8

Nomor telepon

:

(0351) 367904

9

Status Madrasah

:

Negeri

10

Status Akriditasi

:

A (Amat Baik)

11

Tahun berdiri Madrasah               

:

1978

 

SK Kelembagaan Madrasah Nomor

:

KMA.16/Th.1978, Tanggal  01 Juni 1978

12

NSM (12 digit)

:

121135190005

13

NPSN

:

20582482

14

Nama Kepala Madrasah               

:

Dra. Ruwiyati Rohmah, M.Pd

15

Status Gedung 

:

Milik sendiri

16

Status Tanah

:

Sertifikat An. Pemerintah RI Cq. Kementerian Agama

17

Luas Tanah         

:

8340 m2

 

  1. PETA GEOGRAFI


 

 LETAK GEOGRAFIS.

MTsN 2 Madiun terletak di Jalan Raya Rejosari, Ds. Rejosari, Kec. Kebonsari, Kab. Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Madrasah ini memiliki letak Geografis yang strategis, karena terletak diantara dua Kabupaten, yaitu perbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan, mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, sehingga anak-anak yang berada di Desa Goranggareng Taji Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan dan sekitar Desa Rejosari Kec. Kebonsari Kab. Madiun dapat dengan mudah menempuh perjalanan ke MTsN 2 Madiun.

 

Struktur Ekonomi masyarakat sekitar MTsN 2 Madiun khususnya, dan masyarakat dikedua wilayah kab. Madiun dan Kab. Magetan pada umumnya, hampir 75% menekuni bidang pertanian: mulai dari petani pemilik lahan digarap sendiri, petani penggarap lahan orang lain (sewa tanah), buruh tani terikat maupun lepas. Sedang sektor ekonomi  perdagangan  dan PNS termasuk TNI/Polri secara akumulasi berada pada hitungan 25%. MTsN Rejosari yang mempunyai image sebagai lembaga pendidikan  dengan kurikulum yang berbasis lokal, menjadi alternatif bagi komunitas strata ekonomi menengah bawah (komunitas mayoritas) tersebut.

 

  1. KEDUDUKAN/SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH

 

Sejarah singkat

Keberadaaan MTsN 2 Madiun merupakan rangkaian panjang dari perjuangan para tokoh pendiri dan pejuang Pendidikan Agama di Desa Rejosari, menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya untuk mengembangkan agama dan menyediakan tempat pendidikan bagi masyarakat sekitar Desa Rejosari, tokoh-tokoh tersebut antara lain :

  1. Bpk. KH. Ali Rahmat
  2. Bpk. Imam Turmudi
  3. Bpk. Matlab
  4. Bpk. K. Asyhuri
  5. Bpk. K. Sadjuri

Pada tahun 1946 para tokoh tersebut mendirikan Madrasah Ibtidaiyah/SR1 di Desa Rejosari dengan bekal tekad dan semangat yang kuat. Madrasah tersebut berdiri dan bertahan. Pada tahun 1960 didirikan Madrasah Mu’alimin yang akhirnya pada tahun 1970, berdasar SK Menteri Agama No. 176 tanggal 9 Agustus berubah menjadi PGAN. Selanjutnya sesuai dengan kebijakan Pemerintah dalam hal ini Departemen Agama, PGAN tersebut diubah menjadi MTsN untuk kelas I, II, dan III sedang MAN untuk kelas IV, V dan VI.

Berdasarkan SK Menteri Agama No. 16 tahun 1978 mulai bulan Juni 1978 berdirilah MTs. Negeri Rejosari Madiun.

Sejak resmi berubah menjadi MTsN Rejosari Madiun telah beberapa kali pergantian pimpinan, yang antara lain :

  1. Bpk. H. Jasin, BA.                                              tahun 1977 - 1990
  2. Bpk. H. Tumiran, Bc.Hk.                                 tahun 1990 – 1997
  3. Bpk. Samsuri, BA.                                             tahun 1997 - 1999
  4. Bpk. Drs. H. Djuwari                                        tahun 1999 - 2001
  5. Bpk. H. Sandi Idris, S.Ag.                                               tahun 2001 - 2002
  6. Bpk. Drs. H. Basuki Rachmad                       tahun 2002 - 2003
  7. Bpk. H. Edy Djuwari, S.Ag                             tahun 2003 - 2006
  8. Bpk. Drs. Supanut                                            tahun 2006 – 2008
  9. Bpk. Drs. Edy Sumbodo, M.Pd.                  tahun 2008 – 2015
  10. Ibu.Dra.  Ruwiyati Rohmah, Mpd              tahun 2015 - sekarang

 

 

  1. STRUKTUR ORGANISASI

 

 

  1. SARANA PRASARANA
  2. Tanah dan Halaman

Keliling tanah MTsN Rejosari seluruhnya  berasal dari pemerintah seluas 550 M, sudah dipagar permanen seluar 460 M.

  1. Luas tanah/persil yang diakui madrasah menurut status pemilikan dan penggunaan :
  • Luas tanah seluruhnya : 8,340 M2
  • Bangunan : 1,722 M2
  • Halaman/taman : 3,118 M2
  • Lapangan olahraga :    500 M2
  • Lain-lain : 3,000 M2
  1. Gedung

No.

 Jenis Ruang

 Milik

 Baik

 Rusak Ringan

 Rusak Berat

 Jml

 Luas (m2)

 Jml

 Luas (m2)

 Jml

 Luas (m2)

 (1)

 (2)

 (3)

 (4)

 (5)

 (6)

 (7)

 (8)

1.

Ruang Teori/Kelas

14

840

0

0

0

0

2.

Laboratorium IPA

1

60

0

0

0

0

3.

Laboratorium Bahasa

1

60

0

0

0

0

4.

Laboratorium Komputer

1

63

0

0

0

0

5.

Ruang Perpustakaan Konvensional

1

60

0

0

0

0

6.

Ruang UKS

1

60

0

0

0

0

7.

Koperasi/Toko

1

12

0

0

0

0

8.

Ruang BP/BK

1

12

0

0

0

0

9.

Ruang Kepala Sekolah

1

20

0

0

0

0

10.

Ruang Guru

1

120

0

0

0

0

11.

Ruang TU

1

40

0

0

0

0

12.

Kamar Mandi/WC Guru Laki-laki

2

6

0

0

0

0

13.

Kamar Mandi/WC Guru Perempuan

2

6

0

0

0

0

14.

Kamar Mandi/WC Siswa Laki-laki

1

6

0

0

0

0

15.

Kamar Mandi/WC Siswa Perempuan

1

6

0

0

0

0

16.

Masjid

1

120

0

0

0

0

 

  1. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi

:

Terwujudnya manusia yang bertaqwa, beriman, berilmu mampu mengaktulisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat.

Misi

:

1.

Meningkatkan Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang Islami,

 

 

2.

Meningkatkan kurikulum yang mampu memenuhi kebutuhan anak didik dan masyarakat,

 

 

3.

Meningkatkan tenaga pendidik yang professional dan memiliki kompetensi dalam bidangnya,

 

 

4.

Meningkatkan proses pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Tujuan

:

1.        

Terwujudnya siswa menjadi seorang muslim yang taat beribadah, memiliki kepedulian sosial yang tingi,

 

 

2.        

Terciptanya peserta didik yang berilmu dan wawasan berpikir luas dan kritis,

 

 

3.        

Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa,

 

 

4.        

Terwujudnya pegawai yang professional.

 

 

 

Kebijakan Madrasah

  1. Menjunjung tinggi kode etik guru dan tenaga kependidikan
  2. Menegakkan kedisiplinan di semua sector
  3. Menciptakan kultur madrasah yang islami
  4. Membenahi tata ruang yang sehat dan kondusif untuk bekerja
  5. Membentuk budaya pembelajaran yang efektif, kreatif,enak dan menyenangkan.

 

Implementasi Kebijakan

  1. Mewujudkan lingkungan yang bersih,asri dan agamis/religius
  2. Menciptakan keunggulan pada bidang tertentu sebagai ciri madrasah
  3. Melatih dan menerapkan ketrampilan keagamaan praktis
  4. Melaksanakan managemen berbasis madrasah

 

Kondisi Lingkungan yang Mendukung Madrasah

 

  1. Dekat jalan raya
  2. Dekat Pondok Pesantren
  3. Lingkungan fisik tenang (jauh dari kegiatan industri dan lalu lintas yang padat).
  4. Lingkungan sosial, kondusif, aman.
  5. Dekat dengan sekolah ( SD dan MI ).

 

 

  1. DATA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

 

  1. Data Tenaga Pendidik

 

No.

Nama

Pangkat/Gol.

Jabatan

1

Dra. RUWIYATI ROHMAH, M.Pd

NIP. 196808271992032002

Pembina (VI/a)

Kamad

2

Dra. CHUSNUL MUSLIHAH

NIP. 196808031996032001

Pembina (VI/a)

Guru Madya

3

SURADI S.Pd.I.

NIP. 196404081986031005

Pembina (VI/a)

Guru Madya

4

Dra. NUR SULAMAH HARIATI

NIP. 196801031997032002

Pembina (VI/a)

Guru Madya

5

DARYATUN S.Pd.

NIP. 196010231992032001

Pembina (VI/a)

Guru Madya

6

SUDARNANI S.Pd.I.

NIP. 196303011992031001

Pembina (VI/a)

Guru Madya

7

NANIEK SULISTIYANI S.Pd.

NIP. 196709091994032001

Pembina (VI/a)

Guru Madya

8

DWI RAHAYU KARWANINGSIH S.Pd.

NIP. 196611021999032001

Pembina (VI/a)

Guru Madya

8

Drs. SYAHIL

NIP. 196210192000031001

Pembina (VI/a)

Guru Madya

9

MUSTAKIM S.Pd.

NIP. 197403122005011006

Penata  (III/c)

Guru Muda

10

ASNURUL HIDAYATI S.Ag.

NIP. 197708132005012002

Penata  (III/c)

Guru Muda

11

LAILATUL ISTIROHAH S.S.

NIP. 197808052005012004

Penata  (III/c)

Guru Muda

12

RATNA JUWITA BUDI ASTUTI S.E.

NIP. 197908182005012002

Penata  (III/c)

Guru Muda

13

ANIK PUSPITOSARI S.Pd.

NIP. 197905092005012005

Penata  (III/c)

Guru Muda

14

Drs. CHUSNUL MAWAHIB

NIP. 196301032006041008

Penata  (III/c)

Guru Muda

15

TITIK ANDAYANI S.Pd.

NIP. 196709292007012034

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

16

Dra. WINARTI

NIP. 196811262007012016

Penata  (III/c)

Guru Muda

17

MASHUDI S.Pd.

NIP. 196909042007011049

Penata  (III/c)

Guru Muda

18

TUTIK WAHYUNINGSIH S.Pd.

NIP. 197004192007012021

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

19

IKA QURNIATI S.Ag.

NIP. 197007082007012024

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

20

EFRI ENDARWATI S.Pd.

NIP. 197604232007012014

Penata  (III/c)

Guru Muda

21

LILIK ANANINGTYAS S.Pd.

NIP. 196608282007012021

Penata  (III/c)

Guru Muda

22

AGUS  MUALIM S.Ag.

NIP. 196808202007011028

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

23

SAMSUL HADI S.Pd.

NIP. 197112052007101002

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

24

IVARISDIANA FAUZIYAH S.E.

NIP. 197902092007102005

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

25

ULFATUN NI’MAWATI S.Si.

NIP. 198007072007102006

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

26

FARAH UMAMI S.Pd.

NIP. 198102082007102003

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

27

MUTIK SANTOSO S.PdI.

NIP. 196508172005011002

Penata Muda Tk I (III/b)

Guru Pertama

28

EMY WIDIASTUTI S.Pd.

NIP. 197005261997032005

Pembina Tk.I (IV/b)

Guru Madya

29

MOCH. FATHONI S.Pd.

NIP. 196508121996021002

Pembina (VI/a)

Guru Madya

30

ANIK SEDIYA LESTARI, S.Kom

GTT

Guru

31

MUNIRUL IHWAN, S.Pd.

GTT

Guru

32

ABDUL AZIS, S.Pd

GTT

Guru

33

FAUZAN ARDIAN FADLI, S.Pd.I

GTT

Guru

34

AMALIA KHUSNA ROSYADA, S.Pd.

GTT

Guru

 

  1. Data Tenaga Kependidikan

 

NO

NAMA / NIP

PANGKAT / GOL

JABATAN

 
 

1

MUHARI, A.Ma

NIP. 196202011991031001

Penata Muda Tk I (III/b)

Ka. Ur. Tata Usaha

 

2

SITI HANIFAH, S.E.

NIP. 197605272007102002

Penata Muda Tk I (III/b)

Bendahara Pengeluaran

 

3

ISTIK WURYANINGSIH

NIP. 198610192014121006

Pengatur Muda (II/a)

Pengadministrasi

 

4

ROBINGATIN

NIP. 196609082014122002

Pengatur Muda (II/a)

Pengadministrasi

 

5

AGUS IHWAN DAROINI

PPNPN

Operator

 

6

ANDRIAS EFENDI, SE

PPNPN

Operator

 

7

SUKRON AZIZ ZU’AMA

PPNPN

Perpustakaan

 

8

MARGARETA KHUSNUL HUDA

PPNPN

Operator

 

 

 

  1. Daftar Petugas Security ( Satpam )

 

NO

NAMA / NIP

PANGKAT / GOL

JABATAN

1

KADJAR

NIP. 196407152014121003

Juru Muda (I/a)

Satpam

 

 

 

 

 

 

  1. Daftar Petugas Kebersihan

 

NO

NAMA / NIP

PANGKAT / GOL

JABATAN

1

DARDIRI

Petugas Kebersihan

PTT

2

NUR ARIFIN

Petugas Kebersihan

PTT

       

 

 

  1. JUMLAH PESERTA DIDIK MULAI TAHUN 2015 S.D SEKARANG
  2. Jumlah peserta Didik dari tahun ke tahun sebagai berikut

TAHUN

KELAS VII

KELAS VIII

KELAS IX

JUMLAH

TOTAL

L

P

JML

L

P

JML

L

P

JML

2015 / 2016

117

102

219

79

76

155

88

73

161

535

2016 / 2017

92

95

187

112

100

212

77

74

151

550

2017 / 2018

89

81

170

96

92

188

112

100

213

570

 

  1. Rombongan Belajar Tahun Pelajaran 2015 / 2016

KELAS

TERDIRI ATAS

JUMLAH

Rombel

Rombel

Rombel

Rombel

Rombel

Rombel

Rombel

 

VII

30

30

28

30

26

26

-

170

VIII

30

24

28

27

29

24

26

188

IX

30

31

29

32

31

31

28

212

Jumlah

570

    

  1. Tujuan Pendidikan

Berlandaskan visi dan misi tersebut, pendidikan madrasah diharapkan mampu menghasilkan manusia dan masyarakat bangsa indonesia yang memiliki sikap agamis, berkemampuan ilmiah amaliah, terampil dan profesional, sehingga akan senantiasa sesuai dengan tatanan kehidupan. Tujuan yang demikian ini mempersyaratkan kepedulian semua pihak, mulai dari keluarga, masyarakat, serta organisasi dan institusi. pemantapan mekanisme sistem pendidikan madrasah, yang berimplikasikan pada tuntutan kualitatif pada semua komponen pendidikan madrasah.

Tujuan kurikulum pada dasarnya adalah satu panduan menuju arah yang diinginkan oleh para penyusunnya untuk bisa dicapai oleh siswa ketika menggunakan kurikulum tersebut. Tujuan merupakan suatu garis besar pernyataan akan harapan masyarakan dan keinginan untuk pembelajaran para siswa. Biasanya, pernyataan ini adalah mengenai harapan masyarakat terhadap apa yang dapat diberikan oleh sistem pendidikan untuk para siswa.  Oleh karenanya, tujuan umum menjelaskan profil siswa yang dicapai setelah mengikuti program pendidikan di madrasah pada jenjang waktu tertentu.

 

Tujuan di sini  mencakup tujuan pendidikan dasar yang sudah dirumuskan dalam standar nasional, yaitu:”Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”.  Berdasarkan rumusan tersebut, setiap satuan pendidikan dapat mengembangkan rumusan yang lebih spesifik yang sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di  Madrasah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan, berikut ini :

  1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
  2. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
  3. Menunjukkan sikap  percaya diri
  4. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
  5. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
  6. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
  7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  8. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  9. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
  10. Mendeskripsi gejala alam dan sosial
  11. Memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
  12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
  13. Menghargai  karya seni dan budaya nasional
  14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
  15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
  16. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif  dan santun
  17. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
  18. Menghargai adanya perbedaan pendapat
  19. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
  20. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
  21. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
  22. Menyakini, memahami, menjalani ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan ajaran agama sebagai landasan prilaku dalam kehidupan sehari-hari
  23. Mampu membaca Quran secara tartil dengan tajwid
  24. Mampu memimpin do’a-do’a khusus
  25. Membiasakan mengucapkan kalimat toyyibah dalam sehidupan sehari-hari
  26. Mampu azan dan iqomah
  27. Melaksanakan shalat berjamaah dam mampu menjadi imam shalat wajib
  28. Mampu melaksanakan dan menjadi imam shalat jenazah
  29. Mampu berpidato singkat serta dapat menjadi pembawa acara pada peringatan hari besar islam dan peringatan-peringatan lainnya
  30. Khatam Quran minimal satu kali selama menjadi siswa Madrasah Tsanawiyah
  31. Mampu menghafal sekuran-kurangnya 10 (sepuluh) buah Hadits Rasululla
  32. Berbusana muslim/muslimah di rumah tangga, madrasah dan masyarakat
  33. Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama
  34. Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Arab sederhana

 

 

 

Madiun, 8 Januari 2021

 Kepala,

 

 

 

Dra. RUWIYATI ROHMAH, M.Pd

NIP. 196808271992032002

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
HASILPPDB

HASIL PPDB 2021

08/01/2021 13:45 - Oleh Administrator - Dilihat 875 kali
PPDB2021

Loading…

08/01/2021 11:28 - Oleh Administrator - Dilihat 2348 kali
VISI, MISI DAN TUJUAN

  Visi : Terwujudnya manusia yang bertaqwa, beriman, berilmu mampu mengaktulisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat. Misi : 1. Meningkatkan Madrasah sebagai

14/09/2019 08:57 - Oleh Administrator - Dilihat 2866 kali